Monday, January 13, 2014

Pembersihan Gaib 2


Di dalam halaman ini dituliskan cara-cara pembersihan gaib yang bersifat umum dan yang bersifat khusus.

Yang pertama adalah pembersihan gaib yang bersifat umum, yaitu untuk membersihkan keberadaan semua energi-energi gaib dan semua jenis mahluk halus, baik yang dari golongan hitam maupun putih, yang berwatak baik maupun jahat, jika keberadaannya dianggap mengganggu.

Yang kedua adalah pembersihan gaib yang bersifat khusus, yaitu untuk membersihkan keberadaan energi-energi gaib dan sosok-sosok halus tertentu saja yang bersifat negatif / mengganggu dan mahluk halus yang berenergi negatif dan yang dari golongan hitam saja.

Dengan demikian sebelum melakukan pembersihan gaib, kita harus menentukan terlebih dahulu gaib-gaib mana saja yang akan dibersihkan, apakah semua jenis mahluk halus ataukah hanya yang bersifat negatif dan yang bersifat mengganggu saja.

Anda bisa menggunakan cara-cara yang serupa seperti dalam tulisan Ilmu Tayuh Keris untuk mencaritahu apakah sakit-penyakit yang anda atau orang lain alami adalah murni bersifat fisik manusia, ataukah sebenarnya ada juga pengaruh dari sesuatu yang gaib, dan bisa juga digunakan untuk mencaritahu cara dan metode penyembuhannya.


1. Pembersihan Gaib Umum


Di bawah ini dituliskan cara-cara pembersihan gaib yang bersifat umum untuk membersihkan keberadaan energi-energi gaib dan mahluk halus, baik yang dari golongan hitam maupun putih, yang berwatak baik maupun jahat, yang bersifat positif maupun negatif, jika keberadaannya dianggap mengganggu.
Sesuai caranya masing-masing, sebelum melakukan pembersihan gaib, anda harus sudah menentukan lebih dulu gaib-gaib mana saja yang akan dibersihkan, apakah yang berada di dalam tubuh anda, atau yang ada di dalam benda-benda milik anda, atau yang ada di dalam rumah atau yang ada di lokasi tertentu.
 
   1. Pembersihan Gaib Menggunakan Rendaman Daun Kelor atau Air Kembang
Bila anda mengalami suatu sakit / penyakit yang tidak sembuh oleh dokter, atau sembuh tetapi sering kambuh, atau ada indikasi kejadian-kejadian seperti tertulis di halaman sebelumnya (Pembersihan Gaib 1), cobalah dipertimbangkan mungkinkah sakit anda itu dipengaruhi oleh keberadaan sesuatu yang gaib dan cobalah untuk juga mengobatinya secara alternatif.
Seseorang yang menyadari dirinya ada berkaitan dengan mahluk halus, yang keberadaan mahluk halus tersebut sifatnya baik ataupun tidak baik, yang sifatnya membantu ataupun yang menyakiti, akan sangat baik kalau rajin mandi air rendaman kembang telon. Tujuannya selain supaya dirinya sendiri bersih dari aura-aura negatif yang berasal dari dirinya sendiri, mandi kembang itu juga akan dipandang sebagai sesaji oleh para mahluk halus yang bersamanya, sehingga kegaiban khodamnya menjadi lebih kuat terasa, jika itu adalah khodam ilmu, dan supaya mahluk halus yang tujuannya menyerang / menyakiti akan mengurangi atau mau melepaskan serangannya.
Selain itu bisa juga dicoba untuk mandi dengan air rendaman daun kelor, tetapi yang terpengaruh oleh air rendaman daun kelor hanyalah pengaruh gaib yang disebabkan oleh mahluk gaib tingkat rendah saja, seperti golongan dedemit kuntilanak dan gondoruwo, dan jin yang kekuatan gaibnya rendah, yang sering digunakan untuk pelet dan guna-guna. Mahluk halus yang kekuatannya tinggi dan yang berasal dari sukma manusia, seperti arwah, pocong, atau jenis siluman, tidak terpengaruh oleh daun kelor ini.
Mandi kembang atau mandi rendaman daun kelor biasanya dilakukan terakhir sebagai bilasan mandi. Sebelum mandi, kembang-kembang atau daun kelor direndam dalam ember / tempat tersendiri. Sesudah selesai mandi, barulah dilakukan guyuran air kembang / rendaman daun kelor itu dari atas kepala hingga basah seluruh tubuh.
Pembersihan gaib dengan mandi rendaman daun kelor hanya berpengaruh pada mahluk halus di bagian tubuh yang basah tersiram air tersebut atau pada mahluk halus yang keberadaannya dekat mengikuti seseorang. Bila keberadaan gaibnya tidak di dalam tubuh, misalnya di pojok kamar tidur, di dapur, dsb, berarti mahluk itu tidak terpengaruh. Untuk mengusirnya harus dengan cara lain. Walaupun begitu, dengan siraman air rendaman daun kelor itu kita bisa menetralisir pengaruh gaibnya terhadap tubuh kita.
Bila mandi dengan rendaman daun kelor ini terasa memberikan efek yang baik untuk kita, maka kita bisa mengulanginya lagi secara periodik untuk menetralisir efek negatif dari suatu mahluk gaib pada tubuh kita. (Baca juga : Benda-benda Bertuah Lain ).
Bila setelah mandi guyuran dengan rendaman daun kelor ini terasa memberikan efek yang baik untuk kita, dan bila ternyata sakitnya itu sempat sembuh tetapi masih sering kambuh, dan bila benar sakitnya itu adalah karena pelet, santet atau guna-guna, mungkin usaha mandi rendaman daun kelor ini memang harus dilakukan berkali-kali, karena mungkin orang yang menyerang secara gaib itu juga melakukan serangannya berkali-kali.
Doa niat sebelum mandi kembang :
Ya Allah, niat saya mandi kembang untuk membersihkan diri saya dari pengaruh dan hal-hal negatif dalam diri saya dan untuk ......................
Doa niat sebelum mandi rendaman daun kelor :
Ya Allah, niat saya mandi rendaman daun kelor untuk membersihkan diri saya dari pengaruh dan hal-hal negatif dalam diri saya

Ya Allah berkahilah saya.
Amin.

Bila anda menemukan bambu kuning (baca: Benda-benda Bertuah Lain), bambu itu bisa juga digunakan untuk pembersihan gaib, cukup dengan cara diri anda mendekat kepada bambu tersebut, atau dengan cara potongan bambunya atau daunnya diusapkan ke seluruh tubuh dari kepala sampai kaki, atau dikibas-kibaskan ke seluruh ruangan rumah. Kekuatan kegaiban bambu kuning ini 2 kali kekuatan gaib daun kelor.

Catatan :  bila anda dengan sengaja memiliki susuk atau khodam pendamping, jangan melakukan mandi dengan rendaman daun kelor dan jangan mendekat kepada bambu kuning, karena mungkin akan menyebabkan susuknya hilang atau khodam pendamping anda pergi, termasuk juga jika anda membawa benda-benda gaib yang kekuatannya di bawah kekuatan gaib daun kelor dan bambu kuning.

Tips :  bila anda merasakan sesuatu yg tidak baik, semacam sakit-penyakit atau rasa pusing / pegal yang ditengarai ada hubungannya dengan gangguan gaib / ketempelan / kesambet, cara yang cukup mudah dan aman untuk membersihkannya adalah dengan cara merayu sosok gaibnya untuk mau melepaskan serangannya dan meninggalkan anda dengan memberinya sesaji kembang atau olesan minyak misik, jafaron, dsb, dan sampaikan permintaan maaf kalau anda berbuat salah kepadanya karena anda tidak melihatnya, dan sampaikan juga supaya ia mau melepaskan serangannya dan pergi meninggalkan anda.

Penting :
Jika seseorang pernah ketempelan, kerasukan atau ketempatan mahluk halus, dan sudah pernah dibebaskan / dibersihkan, sebaiknya ia rajin mandi kembang telon untuk membersihkan dirinya dari sisa-sisa energi negatif mahluk halus sebelumnya, supaya sisa-sisa energinya itu tidak memancing mahluk halus berikutnya untuk masuk bersemayam di dalam tubuhnya (baca : Pengaruh Gaib Thd Manusia).
Orang-orang yang sering melakukan laku puasa (termasuk puasa weton), biasanya kekuatan sukmanya akan meningkat. Orang-orang yang sering melakukan laku prihatin dan tirakat biasanya juga akan banyak menerima interaksi dari roh-roh lain, disadari ataupun tidak. Roh-roh itu bisa berasal dari lingkungan tempatnya berada, atau dari lingkungan tempat-tempat yang dikunjunginya (misalnya berziarah), atau juga dari roh-roh leluhur.

Bagi orang-orang tersebut, sebaiknya sering melakukan mandi kembang untuk membersihkan aura-aura negatif yang berasal dari dirinya sendiri ataupun aura negatif yang menempel yang berasal dari tempat lain, supaya terselaraskan menjadi positif. Dan bagi yang sering berpuasa, gunanya mandi kembang bagi mereka juga sama, jangan sampai bertambah kuatnya sukmanya juga menambah kuat aura-aura negatif di dalam dirinya.

    2. Pembersihan Gaib Menggunakan Khodam Pendamping dan Benda-benda Gaib
Semua khodam pendamping, atau benda-benda gaib dalam bentuk pusaka keris / tombak, batu cincin akik, mustika, dsb, yang kegaibannya berasal dari suatu sosok mahluk halus yang berdiam di dalamnya, terutama yang berfungsi untuk penjagaan gaib / keselamatan, kesaktian, kekuatan dan wibawa, dapat disugestikan untuk melakukan pembersihan gaib. Ada juga orang yang diberi benda-benda tertentu oleh seorang paranormal atau spiritualis berupa benda jimat untuk dipakai atau benda-benda tertentu untuk ditanam sebagai penjagaan gaib.
Tetapi cara ini mempunyai kelemahan. Khodam-khodam yang kita gunakan kekuatannya bervariasi, tidak semuanya sama, ada yang tinggi, ada juga yang rendah kekuatannya. dan yang mampu dibersihkannya hanyalah gaib-gaib yang di bawah kekuatannya saja. Tetapi secara umum kekuatan gaib dari khodam pendamping dan benda-benda gaib tersebut jauh melebihi kekuatan gaib daun kelor, sehingga akan jauh lebih baik jika digunakan untuk pembersihan gaib, tetapi harus dipastikan dahulu bahwa isi gaib dari benda-benda gaib tersebut bukanlah mahluk gaib dari golongan hitam (silakan dibaca tentang Pembersihan Gaib Golongan Hitam pada halaman ini).
Bila khodam yang digunakan untuk pembersihan gaib itu ternyata adalah dari golongan hitam, awalnya mungkin benar sosok halus itu melakukan pembersihan gaib, dan terlihat ampuh, tetapi seringkali pada hari-hari berikutnya justru sosok halus itu sendiri yang ber-ulah, sengaja menciptakan suatu keadaan yang membuat kita terpaksa melakukan pembersihan gaib lagi (terpaksa meminta bantuannya lagi, menjadikan kita sangat bergantung kepadanya). Bisa juga sosok itu kemudian malah memperparah keadaan, misalnya sengaja mengundang teman-temannya untuk datang mengganggu kita, sehingga terpaksa kita akan mengandalkannya lagi untuk melakukan pembersihan gaib lagi.
Penggunaan khodam pendamping dan benda-benda gaib berupa keris / tombak, mustika dan benda-benda bertuah lainnya dapat dibaca pada halaman-halaman tulisannya masing-masing, dan sugesti pembersihan gaibnya dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti dicontohkan dalam tulisan berjudul  Ilmu Tayuh Keris  dan  Pembersihan Gaib 3  atau sesuai yang tertulis pada halaman-halaman lain yang terkait dengan cara-cara penggunaannya.
Khodam benda-benda gaib itu juga bisa disugestikan untuk membuat pagaran gaib. Sebaiknya dibuat pagaran gaib yang sifat energinya positif dan padat yang berlawanan dengan sifat-sifat energi gaib negatif dan yang bergolongan hitam. Sekuat apapun pagaran gaib yang dibuat oleh khodamnya selalu saja ada mahluk gaib lain di atas kekuatannya yang bisa menembusnya. Setidaknya jika pagaran gaib kita berisi energi positif, sekalipun ada gaib-gaib negatif dan bergolongan hitam yang bisa menembusnya, tidak akan betah berlama-lama di dekat kita, karena ketidak-nyamanan dari adanya energi positif yang berlawanan dengan sifat energi mereka.

Sebagai catatan tambahan, semua
khodam pendamping, atau benda-benda gaib dalam bentuk pusaka keris / tombak, batu cincin akik, mustika, dsb, yang kegaibannya berasal dari suatu sosok mahluk halus yang berdiam di dalamnya, terutama yang berfungsi untuk penjagaan gaib / keselamatan, kesaktian, kekuatan dan wibawa, walaupun tidak semuanya berkekuatan tinggi, tetapi kegaibannya dapat juga disugestikan untuk membantu dalam hal lain, misalnya diminta menyembuhkan anggota keluarga yang sedang sakit (sakit biasa maupun sakit karena guna-guna, pelet atau santet), diminta membuatkan pagaran gaib untuk rumah dan orang-orang penghuninya, diminta membersihkan rumah dari keberadaan gaib-gaib negatif, membantu menjaga keteduhan rumah dan ketentraman keluarga, membantu melariskan dagangan, dsb.

   3. Pembersihan Gaib Menggunakan Kekuatan Energi
Mengenai pembersihan gaib dengan menggunakan energi tenaga dalam murni dapat dibaca tentang beberapa tips penggunaan tenaga dalam murni bagi yang sudah menekuninya dalam tulisan berjudul  Kanuragan & Tenaga Dalam.
Pembersihan gaib bisa juga dilakukan dengan hasil olah meditasi energi dan kebatinan seperti dalam tulisan berjudul Meditasi Energi dan Pembersihan Gaib 4 , terutama bagi yang sudah mahir melakukannya, hasilnya akan lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan sugesti kekuatan doa sesuai kepercayaannya masing-masing.
Tetapi cara ini mempunyai kelemahan, yaitu yang mampu dibersihkannya hanyalah gaib-gaib yang kekuatannya di bawah kekuatan energinya saja, keberhasilannya sangat bergantung pada besarnya energi yang mampu digunakannya dan bergantung juga pada kemampuan sugestinya.
Bila anda membuat pagaran gaib, sebaiknya membuat pagaran gaib yang padat dengan energi positif yang berlawanan dengan sifat-sifat energi gaib negatif dan yang bergolongan hitam. Sekuat apapun pagaran gaib yang dibuat manusia selalu saja ada mahluk gaib yang bisa menembusnya. Setidaknya jika pagaran gaib kita berisi energi positif, sekalipun ada gaib-gaib negatif dan bergolongan hitam yang bisa menembusnya, mereka tidak akan betah berlama-lama di dekat kita, karena ketidak-nyamanan dari adanya pagaran energi positif yang berlawanan dengan sifat energi mereka.
Bila mahluk halus yang berdiam di dalam tubuh seseorang berenergi positif, dari golongan putih, dan bertujuan baik, biasanya ketika kepada orang tersebut diberikan energi positif untuk mengusir mahluk halus tersebut, sang mahluk halus akan mundur menjaga jarak atau pergi jauh karena menyadari keberadaannya tidak diinginkan.
Bila mahluk halus yang berdiam di dalam tubuh seseorang berenergi negatif, berwatak jelek (atau golongan hitam), atau bertujuan tidak baik, biasanya ketika kepada orang tersebut diberikan energi positif untuk mengusir mahluk halus tersebut, sang mahluk halus akan berusaha bertahan dengan cara seperti "mencengkeram" pada tempat posisinya berada, sehingga si manusia akan merasakan sakit di bagian tubuh tertentu atau pening di kepalanya. Tetapi setelah si mahluk halus berhasil dikeluarkan dari tubuhnya, maka orang tersebut akan merasa lega, walaupun mungkin juga sesudahnya merasa sedikit lemas. Tetapi sebaiknya kita juga berwaspada, karena ada sebagian dari mereka yang menyerang balik.


 2. Pembersihan Gaib Khusus - Golongan Hitam dan Berenergi Negatif

Penjelasan lengkap mengenai karakteristik mahluk halus golongan hitam dan yang berenergi negatif sudah dituliskan dalam halaman berjudul  Penggolongan Mahluk Halus  dan 
Pengaruh Gaib Thd Manusia.  Silakan dibaca-baca untuk menjadi dasar memahami isi tulisan ini. Untuk mencaritahu apakah ada sosok-sosok halus jenis itu yang bersama anda, atau tinggal di dalam rumah anda, atau menjadi isi benda gaib anda, anda bisa menggunakan cara-cara tayuhan seperti dicontohkan dalam tulisan berjudul Ilmu Tayuh Keris.
Bila anda ada terkait dengan keberadaan mahluk halus, dan menginginkan hanya keberadaan mahluk halus golongan hitam dan yang berenergi negatif saja yang dibersihkan / diusir, maka di bawah ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan.

  1. Pembersihan Gaib Menggunakan Minyak Jafaron
Mungkin tidak ada orang yang mengetahui bahwa minyak jafaron (merah) bisa dijadikan petunjuk awal tentang sifat mahluk gaib yang berdiam di dalam sebuah benda gaib jimat, batu akik, mustika, jimat rajahan, pusaka, keris kamardikan, khodam ilmu ataupun khodam pendamping. apakah berenergi negatif ataukah positif, dan apakah dari golongan putih ataukah golongan hitam. Tetapi ini bukanlah sesuatu yang pasti untuk menilai sifat mahluk halus, hanya merupakan petunjuk awal saja, karena untuk menilai perwatakannya dan dari golongan hitam atau putih secara akurat haruslah dengan melihat kejiwaan dan aura psikologisnya, dan untuk menilai apakah energinya bersifat negatif bagi manusia haruslah dengan kepekaan rasa untuk merasakan pengaruh energinya dan dinilai keselarasannya dengan manusia.

Bila mahluk gaibnya berasal dari golongan putih dan berenergi positif, biasanya mau menerima minyak jafaron. Walaupun mungkin sosok gaibnya itu juga meminta minyak dan sesaji jenis lainnya, tetapi biasanya mau untuk menerima minyak jafaron.
Tetapi mahluk gaib dari golongan hitam dan yang berenergi negatif biasanya akan menolak, tidak mau diberi minyak jafaron.
Bukan berarti semua mahluk gaib yang meminta minyak selain minyak jafaron adalah dari golongan hitam, tetapi yang jelas-jelas menolak minyak jafaron biasanya adalah yang dari golongan hitam atau
yang berenergi negatif.

Contoh minyak jafaron merah.

Keterangan, pembersihan gaib menggunakan minyak jafaron ini hanya efektif digunakan terhadap mahluk halus golongan hitam dan yang berenergi negatif dari jenis gaib selain jenis sukma manusia (arwah, pocong, siluman), jika ada keberadaannya yang mengganggu.
Minyak jafaron ini, ataupun asapnya, akan dirasakan perih tajam menusuk oleh mahluk halus golongan hitam dan yang berenergi negatif, sehingga mereka tidak akan datang mendekat.
Dalam meminyaki atau mengoleskan minyak jafaron ataupun yang dengan cara pengasapan, sebaiknya tangan dan leher belakang anda juga diolesi dengan minyak jafaron.
Cara-cara pembersihan gaib menggunakan minyak jafaron (merah) untuk mengusir keberadaan mahluk halus yang berenergi negatif dan yang dari golongan hitam bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyaknya, bisa juga dengan cara pengasapan atau minyaknya digunakan untuk mandi.
Penjelasannya sbb :
  1. Bila anda menghendaki benda-benda gaib anda hanya berisi khodam gaib dari golongan putih saja dan berenergi positif, maka bisa dicoba meminyaki benda-benda tersebut dengan minyak jafaron atau diasapi dengan bakaran minyak jafaron, karena khodam benda gaib yang dari golongan hitam dan yang berenergi negatif biasanya akan pergi setelah bendanya diminyaki dengan minyak jafaron atau terkena asap bakaran minyak jafaron. Mengolesi minyak jafaron pada benda-benda gaib bisa dilakukan pada saat pertama anda memiliki benda-benda gaib tersebut, atau bisa juga dilakukan secara berkala atau berselang-seling dengan penggunaan minyak yang lain. Supaya tidak terlalu mengotori bendanya, minyak jafaron bisa dioleskan / diteteskan sedikit saja pada benda gaibnya.
    Sambil mengolesi benda-benda gaib kita dengan minyak jafaron kita basahkan sedikit tangan kita dengan minyak jafaron atau mengoleskannya sedikit di belakang leher kita untuk mengusir / menjauhkan mahluk halus golongan hitam atau yang berenergi negatif kalau saja ada yang mengikuti kita.
  2. Bila anda menghendaki khodam ilmu atau khodam pendamping anda hanya mahluk gaib dari golongan putih saja dan berenergi positif, atau di badan anda ada ketempatan sesosok mahluk halus berenergi negatif, maka bisa dicoba anda mandi dengan campuran minyak jafaron, karena khodam dan mahluk halus yang dari golongan hitam dan yang berenergi negatif biasanya akan pergi setelah terkena minyak jafaron dan cara mandi ini bisa membersihkan sisa-sisa pengaruh energi negatifnya di tubuh anda. Caranya, siapkan seember air tersendiri untuk mandi. Minyak jafaron merah dimasukkan kira-kira  5 - 10 cc  ke dalam air di ember itu. Aduklah airnya supaya minyak jafaronnya larut di dalam air itu. Setelah dicampur minyak jafaron dan diaduk, kemudian air itu dipakai guyuran mandi basah semua dari kepala sampai kaki. Biarkan tubuh anda basah selama 5 menit. Setelah itu anda dapat mandi seperti biasa dengan sabun dan shampo. Mandi dengan minyak jafaron ini bisa dilakukan pada saat pertama anda memiliki ilmu gaib atau khodam pendamping, atau bisa juga dilakukan secara berkala, karena selain berfungsi sebagai upaya pembersihan gaib, sekaligus juga berfungsi sebagai sesaji untuk yang golongan putih. Cara pembersihan ini bisa juga digunakan untuk membersihkan orang lain yang dicurigai kerasukan atau ketempatan mahluk halus golongan hitam atau yang berwatak jelek (selain yang berasal dari jenis sukma manusia).
  3. Kalau sudah pernah mandi dengan minyak jafaron, selanjutnya cukup kita basahkan sedikit tangan kita dengan minyak jafaron sambil mengolesi benda-benda gaib kita atau sedikit mengoleskannya di belakang leher dan di perut / punggung kita untuk mengusir / menjauhkan mahluk halus golongan hitam atau yang berenergi negatif kalau saja ada yang mengikuti kita.
  4. Untuk mengusir keberadaan mahluk halus golongan hitam dan yang berenergi negatif dari suatu ruangan rumah dapat dilakukan dengan pengasapan bakaran minyak jafaron merah. Caranya, oleskan minyak jafaron pada sekeliling batang rokok, minimal 5 batang rokok, bisa rokok dari jenis merk apa saja. Setelah itu batang-batang rokok itu dinyalakan sekaligus semuanya dan masing-masing batang rokok itu diberi tusukan lidi sebagai gagang pegangan dan diberdirikan mengelompok pada sepotong lilin, gabus atau tanah liat, atau diberdirikan di mulut botol kecil yang mulut lubangnya mengecil. Biarkan sampai batang-batang rokok itu habis semua terbakar. Usahakan supaya asapnya dapat memenuhi ruangan.
Untuk membersihkan ruangan yang cukup luas atau lokasi yang terbuka, perlu ditempatkan beberapa kelompok bakaran minyak jafaron, masing-masing minimal 5 batang rokok, di beberapa titik tertentu supaya asapnya dapat memenuhi ruangan.

Cara lainnya adalah dengan cara pengasapan menggunakan bakaran arang untuk menghasilkan asap bakaran yang lebih banyak (usahakan supaya apinya tidak muncul,
arangnya hanya membara saja). Arang yang membara ditetesi minyak jafaron dan asapnya diusahakan memenuhi ruangan. Jika digunakan untuk membersihkan suatu lokasi yang luas dan terbuka, asap yang cukup banyak dari bakaran minyak jafaron dibawa berkeliling supaya semua bagian lokasi tersebut terkena asap bakaran minyak jafaron.

Cara pengasapan dengan bakaran minyak jafaron ini cukup praktis digunakan untuk membersihkan banyak benda-benda gaib, batu akik / cincin, mustika, jimat rajahan, jimat isian / asma'an, keris jawa dan keris kamardikan, atau benda-benda gaib bentuk lain. Benda-benda itu cukup diasapkan saja di atas bakaran minyak jafaron dan tidak akan mengotori benda gaibnya dibandingkan jika minyaknya dioleskan. Pengasapan itu bisa juga untuk mengasapi diri kita sendiri atau anak kita atau teman dan saudara untuk membersihkan dari kemungkinan ketempatan / ketempelan gaib-gaib negatif dan khodam golongan hitam. Hanya saja bau dan kepulan asapnya mungkin akan membebani perasaan kita (kelihatan klenik).

Minyak jafaron bisa juga digunakan berselang-seling sebagai sesaji benda-benda gaib anda, sehingga anda bisa memastikan bahwa benda-benda anda semuanya berisi gaib golongan putih dan berenergi positif.
Minyak jafaron bisa juga untuk meminyaki benda-benda gaib yang baru anda dapatkan, sehingga kalau ternyata isi gaibnya adalah dari golongan hitam atau yang berenergi negatif, setelah diberi minyak jafaron, maka khodamnya akan pergi. Jadi kalau sebelumnya anda yakin bahwa benda baru anda itu berkhodam, tapi setelah diberi minyak jafaron kemudian bendanya menjadi kosong tidak ada isi gaibnya, kemungkinannya isi gaib sebelumnya adalah dari golongan hitam atau berenergi negatif yang sudah pergi setelah diberi minyak jafaron. Tapi sesudah benda itu kosong biasanya kemudian benda itu akan diisi lagi oleh gaib lain yang berenergi positif dan dari golongan putih.

Cara mengolesi minyak jafaron menjadi cara yang praktis dengan sedikit saja mengoleskannya pada perabotan atau bagian-bagian rumah anda yang diperkirakan berisi mahluk halus untuk memastikan bahwa hanya mahluk halus dari golongan putih dan yang berenergi positif saja yang tinggal di dalamnya. Misalnya saja patung-patung hiasan rumah dari kayu, keramik atau batu, perabotan rumah dari kayu jati atau kayu tua, wayang kulit / golek, tembok ruang tamu, tembok kamar tidur, dapur, kamar mandi, tiang soko guru, pohon-pohon di halaman rumah, dsb.

Cara mengolesi minyak jafaron juga menjadi cara yang praktis dengan sedikit saja mengoleskannya pada tangan atau tengkuk (belakang leher), dan di bagian perut, untuk kita sendiri, anak kita, suami / istri kita, untuk memastikan bahwa tidak akan ada mahluk halus dari golongan hitam dan yang berenergi negatif yang akan mengikuti, terutama jika kita berziarah ke kuburan atau bepergian ke tempat-tempat yang banyak berpenghuni gaib atau yang masih kental beraura mistis (candi-candi, situs purbakala, goa, tempat angker / wingit, perkebunan, hutan, sungai, tepi laut, rumah-rumah kosong, rumah sakit, dsb). Juga bisa dioleskan sedikit pada anak kita yang rewel yang dicurigai ada mengalami gangguan dari suatu mahluk halus.

Cara mengolesi minyak jafaron bisa juga digunakan untuk membersihkan orang lain yang dicurigai kerasukan atau ketempatan mahluk halus golongan hitam atau yang berwatak jelek (selain yang berasal dari jenis sukma manusia).

Mandi dengan campuran minyak jafaron ini juga bisa dilakukan untuk seluruh keluarga dengan cara praktis menuangkan agak banyak minyak jafaron ke dalam bak mandi dan diaduk sampai larut merata, supaya seluruh anggota keluarga juga bisa ikut mandi dengan minyak jafaron.

Cara mengolesi minyak jafaron bisa juga dilakukan di bagian perut dan punggung, terutama untuk membersihkan sosok-sosok gaib negatif yang (dicurigai) bersemayam di badan kita atau orang lain, biasanya sosok gaib tersebut adalah bangsa jin yang sosoknya hitam tinggi besar.

   2. Pembersihan Gaib Menggunakan Khodam Pendamping dan Benda-benda Gaib

Khodam ilmu / pendamping dan khodam benda-benda gaib keris / tombak, batu akik atau mustika, kekuatan gaibnya bisa diperintahkan untuk melakukan pembersihan gaib, disugestikan supaya yang dibersihkan hanyalah jenis-jenis gaib golongan hitam dan yang pengaruhnya bersifat negatif saja bagi manusia. Sebelumnya benda-benda gaib itu terlebih dulu diminyaki atau diasapi bakaran minyak jafaron, untuk memastikan bahwa benda-benda gaib itu sendiri berisi khodam dari golongan putih, tidak berisi khodam dari golongan hitam, dan untuk penggunaan khodam ilmu / pendamping, sebelumnya orangnya mandi dulu dengan minyak jafaron.
Cara-cara pembersihan gaib menggunakan khodam-khodam gaib itu sama dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, tetapi dalam sugestinya, yang dibersihkan hanyalah mahluk-mahluk gaib berenergi negatif dan yang dari golongan hitam saja. Begitu juga untuk membuat pagaran gaib, sugestikan bahwa pagaran gaibnya padat berisi energi gaib yang positif.
Tetapi cara ini juga mempunyai kelemahan. Khodam-khodam yang kita gunakan kekuatannya bervariasi, tidak semuanya sama, ada yang tinggi, ada juga yang rendah kekuatannya, dan yang mampu dibersihkannya hanyalah gaib-gaib yang di bawah kekuatannya saja.

   3. Pembersihan Gaib Menggunakan Kekuatan Energi
Cara-cara pembersihan gaib menggunakan energi gaib sama dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, tetapi dalam sugesti penggunaannya, yang dibersihkan hanyalah mahluk-mahluk gaib berenergi negatif dan yang dari golongan hitam saja. Pancarkan energi positif yang kuat kepada objek sasaran untuk mengusir energi-energi negatif dan mahluk halus golongan hitam. Begitu juga bila anda membuat pagaran gaib, sebaiknya dibuat padat dengan energi positif dan energinya baik untuk kesehatan, yang berlawanan dengan sifat-sifat energi gaib negatif dan yang bergolongan hitam.



Minyak jafaron sudah umum digunakan sebagai sesaji.
Kalau khodamnya bukan golongan hitam dan tidak berenergi negatif, tentu
tidak ada pantangannya diberi minyak jafaron dan malah akan senang diberi minyak jafaron.
Dalam menggunakan minyak jafaron, baik dengan cara dioleskan maupun dengan cara pengasapan, sebaiknya tangan, perut, punggung dan belakang leher anda juga diolesi dengan minyak jafaron untuk mengusir kalau saja ada sosok-sosok gaib negatif di dekat anda.

Sebagai catatan tambahan, melakukan pembersihan gaib dengan menggunakan energi gaib atau
menggunakan kekuatan dari khodam ilmu / pendamping dan khodam benda-benda gaib akan lebih praktis melakukannya dan dapat dilakukan terhadap semua jenis mahluk halus, baik yang dari golongan putih maupun yang dari golongan hitam. Tetapi cara ini juga mempunyai kelemahan. Kekuatan gaib dari energi dan khodam-khodam yang kita gunakan kekuatannya bervariasi, tidak semuanya sama, ada yang tinggi, ada juga yang rendah kekuatannya, dan yang mampu dibersihkannya hanyalah gaib-gaib yang di bawah kekuatannya saja, yang lebih tinggi dari kekuatannya tidak dapat diusirnya.
Melakukan pembersihan gaib dengan menggunakan minyak jafaron akan lebih merepotkan, tetapi dapat untuk membersihkan / menjauhkan gaib-gaib golongan hitam dan yang berenergi negatif dari yang rendah kekuatan gaibnya sampai yang kekuatannya tinggi, dari jenis bangsa jin, gondoruwo, palasik, wewe gombel, sundel bolong, banaspati, buto, bahkan bangsa jin hitam iblis yang lebih tinggi kekuatannya daripada buto. Tetapi penggunaan minyak jafaron tidak dapat digunakan untuk mengusir sosok-sosok halus dari golongan putih, yang berenergi positif, dan dari jenis sukma manusia, pocong atau siluman, jika ada keberadaan mereka yang mengganggu.
Dengan demikian pembersihan gaib dengan minyak jafaron ini merupakan cara yang utama untuk tujuan mengusir keberadaan sosok-sosok halus negatif dan golongan hitam, karena dapat untuk mengusir keberadaan gaib-gaib negatif tingkat tinggi yang tidak dapat diusir dengan menggunakan kekuatan energi dan khodam dari benda-benda gaib.
Selain sebagai usaha pembersihan gaib, penggunaan minyak jafaron secara berkala juga bisa menjadi sesaji untuk benda-benda gaib dan khodam golongan putih. Jenis-jenis mahluk halus golongan putih dan yang berenergi positif tidak akan terpengaruh oleh minyak jafaron, tetapi justru akan menikmatinya sebagai sesaji untuk mereka.
Dengan demikian, jika anda merasakan adanya gangguan fisik ataupun psikis, atau rasa yang aneh-aneh, yang ditengarai berasal dari gangguan mahluk halus, dari dalam tubuh ataupun dari luar tubuh anda, walaupun wujud sosok gaibnya belum diketahui, sebaiknya segera saja anda menggunakan minyak jafaron merah untuk membersihkan diri anda dari gangguan tersebut, dengan cara mengoleskan minyaknya ke tangan, leher, perut, atau mandi dengan campuran minyak jafaron, atau dengan cara pengasapan. Jika gangguan itu ternyata benar berasal dari adanya sosok-sosok gaib golongan hitam dan yang berenergi negatif, dengan minyak jafaron tersebut sosok-sosok gaib itu akan langsung pergi menyingkir. Tapi jika ternyata gangguannya berasal dari jenis gaib yang lain, yang tidak terusir pergi oleh minyak jafaron, maka terpaksa penanganannya harus dilakukan dengan cara yang lain lagi.

Ada sejenis bangsa jin yang sosoknya berbulu hitam tinggi besar yang sering sekali menjadi khodam ilmu / pendamping seseorang, atau menjadi penghuni benda-benda gaib dan jimat, perabotan, atau tinggal di rumah manusia. Penulis tidak menggolongkan jenis ini sebagai bergolongan putih atau hitam, tetapi sosok halus jenis ini berenergi negatif yang pengaruh energinya itu dapat memunculkan sakit-penyakit di tubuh manusia, apalagi jika ada sosok jenis ini yang tinggal bersemayam di dalam tubuh manusia yang dapat menyebabkan si manusia sampai mengalami gangguan kejiwaan.
Jenis bangsa jin hitam tinggi besar itu juga sebagian besar berintelijensi rendah yang sering dalam usahanya mencari tempat tinggal mereka masuk bersemayam di tubuh manusia. Akibatnya, selain si manusia dapat mengalami gangguan kesehatan dan pikirannya, juga banyak yang sampai menjadi gila. Tentang ini Penulis sudah menuliskan fenomenanya dalam halaman berjudul  Pengaruh Gaib thd Manusia.
Keberadaan mahluk halus tersebut di dalam tubuh atau di dekat manusia mungkin tidak berpengaruh negatif untuk yang sengaja dipasang sebagai khodam pendamping atau khodam ilmu, atau khodam benda gaib, karena mahluk halus itu sebelumnya telah menyelaraskan dahulu energinya dengan energi si manusia.
Tetapi jika jenis itu datang sendiri kepada manusia atau datang sendiri masuk menjadi "isi" benda gaib kita, kemungkinan besar ia masih dalam kondisi aslinya yang memancarkan energi negatif, sehingga si manusia tetap beresiko mendapatkan pengaruh negatif energinya terhadap kesehatan dan psikologisnya dan beresiko suatu saat khodam tersebut masuk bersemayam di dalam tubuhnya.
Jika sosok jin hitam itu tinggal bersemayam di dalam badan manusia, keberadaannya itu dapat menjadi khodam kekuatan bagi si manusia, tetapi nantinya pasti akan menyulitkan dalam proses kematian si manusia.
Jika sosok jin hitam itu menjadi khodam ilmu / pendamping manusia, keberadaannya itu dapat menjadi khodam bagi si manusia, tetapi sebagian besar nantinya akan menyulitkan dalam proses kematian si manusia.
Walaupun sosok jin hitam tinggi besar itu sudah tinggal dan menjadi khodam benda gaib maupun khodam pendamping kita, karena intelijensinya yang rendah, tetap saja ada resiko bahwa sosok itu kemudian akan masuk bersemayam di dalam tubuh kita, atau kita mendapatkan pengaruh negatif energinya terhadap kesehatan kita. Sosok jin hitam tinggi besar itu juga akan pergi jika kita mengoleskan minyak jafaron pada benda-benda kita atau mengoleskannya ke tubuh kita, atau setelah mereka terkena asap bakaran minyak jafaron.
Sosok jin hitam tinggi besar itu dan sosok-sosok halus lain yang berenergi negatif, jika dianggap mengganggu, keberadaannya dapat dibersihkan / diusir / akan pergi jika kita mengoleskan minyak jafaron pada benda-benda kita atau ke tubuh kita jika kita ketempatan mahluk tersebut, atau kita mandi dengan campuran minyak jafaron. Mereka juga akan pergi setelah terkena asap bakaran minyak jafaron.
Dalam kondisi aslinya memang sosok jin hitam besar itu berenergi negatif. Jenis itu bisa dengan mudah diusir hanya dengan mengoleskan minyak jafaron ke bendanya. Tetapi jika anda mempunyai benda-benda gaib yang khodamnya adalah bangsa jin hitam tinggi besar tersebut, sebaiknya dicoba dulu bendanya diwiridkan amalan gaib yang sesuai dengan tuah yang anda inginkan, misalnya diwiridkan amalan gaib untuk tuah kekuatan, pengasihan, penglaris dagangan, dsb  (amalan gaibnya bisa dicari di internet). Mudah-mudahan sesudah tersugesti mengikuti isi amalan gaibnya sosok hitam itu akan berubah karakter energinya, tidak lagi berenergi negatif seperti aslinya. 
Tips lain. Jika anda mempunyai benda berkhodam semisal batu akik yang isinya bangsa jin berbulu hitam tinggi besar tersebut, jika benda itu bertuah biasanya tuah utamanya adalah untuk kekuatan badan, dengan isi khodam jenis itu biasanya batu anda itu, jika dipakai, tuahnya kuat dan terasa, bagus sebagai jimat, jadi mungkin bisa dipertimbangkan untuk tidak diusir.
Cobalah dengan cara sambat persuasif atau dengan cara-cara tayuhan seperti dicontohkan dalam tulisan berjudul Ilmu Tayuh Keris khodam batunya itu diperintahkan supaya merubah energinya menjadi positif dan selalu positif, supaya tidak lagi berenergi negatif dan tidak perlu lagi anda usir dengan jafaron.
Dengan cara-cara itu usahakan supaya khodamnya benar-benar berubah menjadi berenergi positif dan selalu dipantau apakah benar kondisinya selalu positif dan ditayuh juga apakah jika batunya dioleskan minyak jafaron khodamnya itu masih akan pergi. Kalau masih berenergi negatif maka khodamnya akan pergi jika batunya dioleskan minyak jafaron, tetapi jika sudah benar-benar berubah menjadi positif dan selalu positif, khodamnya tidak akan pergi oleh minyak jafaron. Coba juga anda rasakan apakah rasa energi negatifnya atau rasa mengganggu ketika memakai cincin itu masih ada terasa.
Lebih baik lagi kalau dengan cara-cara persuasif itu anda bisa juga mengsugesti khodam jin berbulu hitam itu untuk merubah wujudnya secara permanen menjadi bersosok seperti manusia, sehingga intelijensinya pun akan menjadi lebih baik, karena ia akan menjiwai kondisi wujudnya yang sudah seperti manusia, tidak lagi seperti sebelumnya yang seperti orang utan. Sampaikan juga jika nanti ia mempunyai pasangan dan anak, pasangan dan anaknya itu pun supaya berubah wujud juga menjadi seperti manusia.
Kalau benar kondisinya sudah positif dan selalu positif, maka khodamnya itu tidak perlu lagi anda usir dengan minyak jafaron. Batunya dioleskan dengan minyak jafaron pun sekarang khodamnya tidak akan pergi, bahkan minyak jafaron itu sekarang bisa menjadi sesajinya.

Masukan-masukan di atas adalah untuk orang-orang yang memiliki sosok jin hitam besar tersebut sebagai khodam benda gaibnya, bukan untuk orang-orang yang di dalam badannya sudah ketempatan jenis halus tersebut dan bukan untuk orang-orang yang memiliki jenis halus itu sebagai khodam ilmu / pendamping. Untuk orang-orang itu sebaiknya ia melakukan pembersihan gaib.  
Cara merubah negatif menjadi positif di atas bisa juga dilakukan terhadap khodam pendamping jenis itu, tetapi Penulis tidak merekomendasikan itu. Untuk khodam pendamping sebaiknya anda memiliki yang intelijensinya lebih baik daripada jenis itu.
Untuk yang di badannya sudah ketempatan mahluk halus tersebut sebaiknya ia segera membersihkan dirinya dengan menggunakan minyak jafaron. Bagi yang di dalam badannya ketempatan jin jenis itu, sebaiknya jangan cuma mengoleskan minyaknya saja, lebih baik mandi saja dengan campuran minyak jafaron supaya dengan cara mandi itu juga membersihkan sisa-sisa energi negatif jin itu dari badannya.
Tetapi kalau anda merasa sayang jika kehilangan khodam, maka anda bisa menggunakan cara-cara persuasif di atas untuk merubah wujudnya secara permanen menjadi bersosok seperti manusia, sehingga intelijensinya pun akan menjadi lebih baik, karena ia akan menjiwai kondisi wujudnya yang sudah seperti manusia, tidak lagi seperti sebelumnya yang seperti orang utan. Tapi sebaiknya anda perintahkan supaya ia keluar dari tubuh anda, menjadi khodam pendamping anda, tidak lagi tinggal di dalam tubuh. Sampaikan juga jika nanti ia mempunyai pasangan dan anak, pasangan dan anaknya itu pun supaya berubah wujud juga menjadi seperti manusia.

Bila anda mempunyai benda-benda koleksi pribadi berupa jimat rajahan, batu akik, mustika atau benda-benda gaib lain, benda-benda antik / tua / kuno, atau ada bagian rumah anda yang kira-kira berpenghuni gaib, sebaiknya anda oleskan sedikit dengan minyak jafaron, sambil anda oleskan sedikit di jari-jari tangan anda, perut, punggung dan belakang leher, supaya kalau ada isi gaibnya yang dari golongan hitam atau yang berenergi negatif, maka mahluk halus itu akan langsung pergi menjauh, sebagai upaya untuk menjauhkan resiko negatif dari keberadaan mereka, jangan sampai anda disusahkan atau menjadi celaka karena benda-benda koleksi anda sendiri.
Seseorang yang sebelumnya di dalam tubuhnya atau di sekitarnya ada sosok-sosok khodam atau mahluk halus yang bersifat negatif, sesudah melakukan pembersihan gaib, kalau peka rasa, seharusnya ia bisa merasakan rasa suasana yang lebih adem, lebih ringan, walaupun mungkin terasa agak lemas, karena ada kekuatan / energi di dalam dirinya yang sudah pergi menghilang, tapi secara keseluruhan seharusnya terasa lebih bersih, tidak ada lagi yang memberatkan.

Selanjutnya sebaiknya kita berhati-hati, jangan terdorong untuk memiliki banyak jimat dan khodam, karena tidak semuanya bermanfaat untuk kita, malah bisa memberatkan jalan hidup kita. Miliki seperlunya saja, yang tuah dan pengaruhnya baik, jangan berlebihan.
Juga hati-hati dengan amalan dan ilmu-ilmu gaib, karena tidak semuanya bersifat baik, jangan sampai ternyata memberikan efek yang malah memberatkan jalan hidup kita.
Belilah minyak jafaron merah yang kualitasnya baik mengingat harga per cc-nya tidak terlalu mahal. Walaupun harganya murah atau kualitasnya rendah, selama minyak jafaron itu asli, tidak palsu, biasanya tetap akan berfungsi dengan baik untuk tujuan sesaji dan pembersihan gaib.
Penulis sendiri sebenarnya bingung untuk membedakan secara fisik minyak jafaron merah yang asli dengan yang palsu. Karena itu Penulis hanya menekankan pada faktor kegaibannya saja. Entah minyak yang dibeli itu asli ataukah palsu, murni ataukah oplosan, murah ataupun mahal, mudah-mudahan kegaibannya ada dan bekerja.

Kalau anda tinggal di Jakarta, minyaknya bisa dibeli di Condet, Cililitan, Jakarta Timur. Tapi secara umum minyak jafaron merah bisa dibeli di toko-toko minyak arab di pinggir jalan. Banyak toko di pinggir jalan yang menjual minyak jafaron, terutama toko-toko yang menjual biang minyak wangi, minyak arab atau yang dagangannya ada hubungannya dengan haji dan perlengkapan agama Islam.

Harganya ada yang murah sekitar Rp. 2.000 - 3.000 per cc nya,
Yang menengah sekitar Rp. 5.000 - 10.000 per cc nya,
Yang mahal juga ada yang lebih dari Rp.10.000 per cc nya.
Mahal tidaknya harganya tergantung toko penjualnya dan tergantung jenis / asal minyaknya.
Beli saja sekitar 10 cc, yang murah atau yang sedang-sedang saja harganya.
Kalau digunakan untuk campuran air mandi, nantinya disisakan sedikit untuk persediaan untuk kapan-kapan digunakan lagi mengusir gaib-gaib negatif seandainya anda merasakan ada yang tidak baik dengan cara mengoleskannya ke tangan, perut dan tengkuk / leher.

Ada juga pertanyaan dari pembaca yang ingin mandi kembang sekaligus sekalian dicampurkan minyak jafaron supaya dirinya semakin bersih.
Sebaiknya mandi dengan campuran jafaron dan mandi kembang dilakukan sendiri-sendiri, karena fungsinya juga berbeda, dan supaya efektivitas tujuan masing-masing mandi itu tidak berkurang.
Sebaiknya mandi jafaron dilakukan pertama kali, sesudahnya anda bisa mandi biasa dengan sabun dan shampo. Kemudian barulah mandi kembang dilakukan terakhir.

Perhatian : 
  1. Bila kegaiban benda-benda gaib / jimat anda berasal dari khodam gaib bergolongan hitam atau berenergi negatif, mungkin kemudian kegaiban benda-benda gaib anda itu akan hilang, karena khodamnya pergi.
  2. Bila keilmuan anda berasal dari khodam ilmu atau khodam pendamping golongan hitam atau berenergi negatif, mungkin kemudian ilmu anda itu akan hilang, karena khodam anda pergi.

 Tambahan :
Keberadaan mahluk halus bersama kita atau di sekitar kita tidak semuanya bertujuan negatif, apalagi yang sudah datang untuk menjadi khodam kita, walaupun energi mereka bersifat negatif, hanya saja mungkin keberadaan mereka ada yang berpengaruh negatif bagi kita. Karena itu selama menjalankan pembersihan gaibnya sebaiknya jangan kita berpikiran / berniat untuk mengusir mahluk halus, tetapi usahakan netral, tanamkan saja dalam hati dan pikiran bahwa perilaku kita itu bukan untuk mengusir mahluk halus, tetapi hanya untuk membersihkan tubuh / rumah kita saja.
Kalau kita ingin menyingkirkan keberadaan mahluk halus golongan hitam dan berenergi negatif dari diri kita atau rumah kita atau dari dalam benda-benda gaib kita, caranya yang aman adalah dengan cara menggunakan minyak jafaron merah.
Cara melakukannya adalah tidak dengan berpikir bahwa kita ingin mengusir, tetapi melakukannya seolah-olah kita ingin memberikan sesaji minyak jafaron kepada benda-benda kita, nantinya semua khodam yang golongan hitam dan berenergi negatif akan pergi, sesudahnya bendanya akan diisi oleh khodam yang dari golongan putih dan berenergi positif.
Atau pada saat anda menggunakan minyak jafaron itu anda bisa katakan : "Saya tidak berniat mengusir siapa-siapa. Semua yang tidak berpengaruh negatif pasti suka dengan sesaji minyak jafaron ini ".

Sesudahnya khodam-khodam yang sudah bersama anda selain bisa dimintakan pagaran gaib untuk anda dan keluarga, bisa juga dimintakan untuk membuatkan pagaran gaib positif untuk seluruh bagian rumah, supaya di kemudian hari tidak ada mahluk halus berenergi negatif dan golongan hitam yang datang.


-------------

Sebagai catatan tambahan, jika anda ingin mengupayakan laku pembersihan gaib, anda bisa mengkombinasikan cara-cara pembersihan gaib seperti contoh-contoh yang sudah dituliskan dalam halaman-halaman bertemakan Pembersihan Gaib.
Atau jika anda ingin melakukan suatu laku ritual untuk upaya pembersihan gaib atau mencoba untuk mencari kesembuhan sakit-penyakit, anda bisa datang ke tempat-tempat mistis seperti yang dicontohkan dalam tulisan berjudul Tempat-tempat Mistis  karena aura positifnya dan para penghuni gaibnya akan menjauhkan mahluk halus yang beraura dan bertendensi negatif dan akan membantu penyembuhan.

ARTKEL TERKAIT



No comments: