Thursday, January 9, 2014

Penyebab Awal Suatu Sakit - Penyakit

Ada banyak sekali kejadian seseorang yang mengalami sakit / penyakit yang sulit disembuhkan, atau sudah pernah sembuh tetapi masih sering kambuh lagi, yang sebenarnya penyebab awal sakitnya adalah merupakan proses mekanisme tubuh dalam mendeteksi dan menolak benda-benda asing yang dianggap berbahaya bagi tubuh, misalnya karena masuk angin, atau bisa juga sakitnya itu adalah karena adanya pengaruh energi negatif mahluk halus seperti kesambet atau ketempelan mahluk halus, atau juga karena pelet, guna-guna, teluh dan santet.

Sakit masuk angin, berat atau ringan, adalah kejadian biasa sehari-hari. Tetapi yang tidak diperhitungkan oleh banyak orang adalah akibat dari masuk angin ini bisa menyebabkan sakit lain yang lebih berat dan parah.
Tubuh manusia mempunyai suatu mekanisme pertahanan tubuh untuk mendeteksi dan menolak benda-benda asing yang dianggap berpotensi merusak / membahayakan tubuh. Yang umum adalah dalam bentuk bersin-bersin, batuk-batuk, dan pengeluaran cairan tertentu sebagai upaya penolakan tubuh supaya benda-benda asing tidak diserap oleh tubuh.
Partikel di udara, asap knalpot, asap rokok, debu, udara dingin dan lembab, masuk angin pada hidung (hidung terasa dingin / beku), dan masuk angin pada tenggorokan dan saluran pernafasan akan dideteksi oleh hidung, tenggorokan dan paru-paru sebagai benda asing, ancaman, sehingga hidung, tenggorokan dan paru-paru akan meradang dan mengeluarkan cairan untuk menolak benda asing tersebut supaya tidak terserap tubuh. Begitu juga sakit masuk angin dalam alat pencernaan dan usus dan makanan / minuman yang dideteksi tubuh sebagai "berbahaya", maka sistem pencernaan dan usus akan mengeluarkan banyak cairan supaya yang dianggap "berbahaya" tersebut tidak terserap tubuh.


Di dalam tubuh manusia juga hidup banyak jenis bakteri, virus, amuba, jamur dan banyak macam parasit. Dalam kondisi sehat, keberadaan mahluk-mahluk kecil itu tidak menyebabkan manusia sakit, karena tubuh manusia mempunyai mekanisme untuk mengontrol perkembangan komunitas mereka. Tetapi ketika tubuh merasa "diserang" karena adanya partikel-partikel yang dianggap berbahaya bagi tubuh, bagian-bagian tertentu tubuh menjadi sensitif dan meradang, suhu tubuh naik (demam) dan organ-organ tubuh banyak mengeluarkan cairan, maka mahluk-mahluk kecil tersebut mendapatkan tempat yang "kondusif" untuk berkembang biak. Ketika perkembang-biakan ini sudah mencapai jumlah yang banyak dan mereka aktif mencari "makan", barulah mereka menyebabkan sakit pada manusia. Dalam kasus ini, keberadaan mahluk-mahluk kecil tersebut di dalam tubuh manusia tidak menyebabkan manusia jatuh sakit, tetapi mereka akan memperparah kondisi sakit manusia setelah mereka berkembang biak.
Bila tubuh kita mendeteksi adanya benda-benda asing tersebut, biasanya akan segera, tanpa dapat kita kontrol sebelumnya, tubuh kita akan melakukan penolakan yang bentuknya bisa berupa bersin-bersin, batuk-batuk atau mengeluarkan cairan tertentu untuk menolak benda asing tersebut supaya tidak terserap oleh tubuh. Jadi, bersin-bersin, batuk dan pengeluaran cairan tersebut tidak selalu berarti kita sedang sakit, tetapi adalah upaya tubuh untuk menolak benda asing. Dalam hal pengeluaran cairan tubuh, bila kondisi kita semakin lemah dan memburuk, ditambah berkembangnya komunitas "mahluk-mahluk kecil" itu, maka tubuh akan kehilangan daya untuk mengontrol pertahanan tubuh, sehingga apapun yang masuk ke dalam tubuh, termasuk makanan, akan dapat dianggap sebagai ancaman, sehingga pengeluaran cairan itu akan semakin menjadi-jadi.
Bila cairan yang dikeluarkan sudah banyak terakumulasi, di hidung akan menjadi ingus, di tenggorokan akan menjadi dahak dan di paru-paru sering disebut paru-paru basah yang menyebabkan seseorang sulit bernafas dan mudah tersengal-sengal, karena volume paru-paru yang seharusnya digunakan untuk memproses udara menjadi berkurang oleh keberadaan cairan tersebut, dan di sistem pencernaan akan menyebabkan seseorang mulas dan buang-buang air. Keberadaan cairan itu menyebabkan banyak bakteri, virus, dsb, kondusif untuk berkembang biak, sehingga ketika jumlahnya sudah banyak, menyebabkan manusia menjadi sakit flu, pilek, batuk, TBC, diare, disentri, dsb, sesuai jenis kuman yang sebelumnya sudah ada.
Angin yang masuk ke dalam lambung pencernaan akan menyebabkan perut kembung dan kelenjar pankreas akan mengeluarkan getah lambung untuk menetralisir kondisi lambung, sehingga menyebabkan getah lambung berlebih. Getah lambung yang berlebih, karena sifat asamnya, dapat menyebabkan sakit maag (dinding maag terluka karena terkikis oleh asam lambung). Sering meminum minuman bersoda juga dapat menyebabkan dinding lambung terkikis dan terluka. Kebiasaan meminum minuman bersoda juga akan merusak asam lambung, akan mengurangi kualitasnya, sehingga maag dan usus tidak dapat mencerna makanan dengan sempurna.
Bila kembungnya perut terlalu parah dan klep maag tidak juga membuka, maka si manusia akan merasakan sakit dan sulit bernafas, karena kembungnya maag akan menekan ulu hati, jantung dan paru-paru. Kondisi ini yang sering disebut  angin duduk  dan dapat mengakibatkan kematian.
Minum air putih atau teh manis yang agak panas berguna untuk membuka klep lambung, sehingga udara di dalam lambung dapat keluar dalam bentuk sendawa. Untuk mengobati perut kembung, sebaiknya jangan digunakan minuman bersoda, karena bila klep maag-nya tidak juga mau membuka dan udara tidak bisa keluar, tambahan gas soda-nya justru akan memperparah keadaan.
Usus yang mendeteksi adanya ancaman, misalnya masuk angin, gas dari makanan yang dicerna usus dan makanan pedas, akan mengeluarkan cairan untuk menolaknya supaya tidak diserap usus, yang kemudian menyebabkan manusia merasa mulas perutnya dan buang-buang air. Cairan perut berlebih juga dapat menyebabkan berkembang biaknya bakteri dan amuba di saluran pencernaan yang dapat berkembang menjadi diare dan disentri.
Sistem pencernaan yang kurang baik, yang kadar kualitas asam lambungnya sudah kurang baik, dapat menyebabkan sari-sari makanan tidak terurai dengan baik, yang kemudian dapat menyebabkan penyakit asam urat dan kolesterol. Penyakit asam urat dan kolesterol terutama disebabkan oleh sistem metabolisme tubuh yang kurang baik, sehingga dalam proses metabolisme dan pembakaran energi tubuh banyak menyisakan sampah-sampah metabolisme berupa asam urat dan kolesterol.
Bagi yang perutnya 'cengeng', biasanya gampang merasa mulas-mencret dan buang-buang air, terutama di pagi hari, karena malam harinya perutnya kembung masuk angin. Ada terapi untuk membuat maag dan usus lebih kuat, tidak cengeng, yaitu dengan memakan beberapa potong tape singkong yang raginya sudah matang atau memakan buah mangga matang selama beberapa hari atau beberapa minggu, dimakan setelah bangun tidur, sebelum sarapan. Tujuannya adalah untuk membuat maag dan lambung lebih kuat, tidak 'cengeng', dan tidak terlalu sensitif, supaya tidak mudah sakit maag atau mulas buang-buang air. Terapi ini juga berguna untuk orang-orang yang mengalami sakit maag kronis.
Selama melakukan terapi di atas si manusia harus menghilangkan rasa takutnya bahwa makanan itu nantinya dapat menambah sakitnya. Orangnya sendiri harus kuat dan tidak cengeng. Justru rasa takut dan cengengnya itu akan membuat tubuhnya sensitif dan merangsang tubuhnya untuk melakukan penolakan yang justru dapat menambah parah sakitnya. Terapi itu harus dipahami sebagai usaha manusia untuk kembali ke alam, untuk mengkonsumsi makanan yang alami (back to nature). Jika kondisinya kemudian dirasakan sudah membaik, pengobatan dengan terapi di atas harus dilakukan secara berkala. Kalau tidak bisa setiap minggu, setidaknya sebulan sekali untuk menjaga supaya kondisi organ lambung dan usus selalu baik.

Masuknya angin ke dalam darah bisa melalui penyerapan di usus atau melalui saraf leher bagian belakang. Masuk angin di bagian sistem pencernaan / usus akan menyebabkan perut kembung, mulas, buang-buang angin atau buang-buang air. Bila masuknya angin melalui saraf di leher bagian belakang, biasanya badan akan mengeluarkan keringat dingin, kepala terasa berat, pusing / pening.
Bila masuk angin ini sampai masuk terserap ke dalam darah, maka di dalam darah akan terjadi gelembung-gelembung udara kecil dan dapat menyebabkan sakit di banyak tempat. Bila gelembung-gelembung udara ini cukup besar dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah di pembuluh darah, jantung dan otak (stroke).
Tidak seperti yang dibayangkan orang selama ini bahwa masuk angin hanya menyebabkan sakit flu dan pilek saja. Ada beberapa sakit-penyakit yang awalnya disebabkan oleh masuk angin, tergantung di bagian tubuh mana yang mengalami masuk angin.
- Masuk angin di bagian paru-paru dan saluran pernafasan dapat menyebabkan radang tenggorokan dan radang
  saluran pernafasan, hidung berlendir dan tenggorokan berdahak, flu, pilek, batuk, paru-paru basah, TBC, dsb.
- Masuk angin di bagian maag dapat menyebabkan perut kembung, mual, asam lambung berlebih, sakit maag,
  rusaknya sistem pencernaan dan angin duduk.
- Masuk angin di bagian usus atau saluran pencernaan dapat menyebabkan rusaknya sistem pencernaan, perut
  mulas, diare, disentri, buang-buang air, radang / infeksi usus, radang usus buntu, dsb.
- Masuk angin di kepala dapat menyebabkan kepala terasa berat, pusing dan pening.
- Masuk angin di tulang belakang di bagian pangkal tengkorak dapat menyebabkan sakit persendian di seluruh
  tubuh dan sakit flu tulang.
- Masuk angin di tulang belakang di bagian tulang ekor dapat menyebabkan tulang, urat dan otot di seluruh
  tubuh terasa linu / ngilu.
- Masuk angin di bagian akar gigi dapat menyebabkan gigi ngilu.
- Masuk angin di dalam darah berupa gelembung-gelembung udara kecil dapat menyebabkan badan
demam,  
  panas dingin atau mengeluarkan keringat dingin, sakit persendian,
urat dan otot terasa kaku, terasa ngilu,
 
kaki terasa dingin dan kesemutan, kepala terasa berat / pusing, tubuh terasa lesu dan tidak bugar, dsb.
- Masuk angin di dalam darah berupa gelembung-gelembung
udara besar dapat menyebabkan penyumbatan
  pembuluh darah halus di seluruh tubuh, mata, jantung dan otak (stroke).


Sebaiknya kita selalu menjaga supaya tubuh selalu fit dan sering memakan
makanan hangat dan yang banyak berbumbu rempah-rempah supaya badan selalu hangat. Bila kondisi tubuh kurang fit jangan lupa untuk meminum minuman hangat, vitamin C dan meminum obat tolak angin.

Sering mengkonsumsi vitamin C  dosis ringan  dapat membantu sistem metabolisme tubuh. 
Vitamin C bekerja dengan cara menambah kemampuan tubuh dalam proses pembakaran energi, sel-sel tubuh lebih baik dalam
proses pelepasan panas, sehingga tubuh terasa lebih hangat, sehat, segar dan berenergi, tidak letih dan lesu, dan juga membantu metabolisme tubuh untuk tidak menyisakan sampah-sampah metabolisme seperti asam urat dan kolesterol. Vitamin C juga membantu metabolisme tubuh dalam menguraikan butiran-butiran angin di dalam darah menjadi gas yang lebih halus dan akan terlepas ke udara lewat paru-paru. Vitamin C juga membantu metabolisme dalam mengisolasi partikel-partikel berbahaya di dalam darah dan mengisolasi yang sudah terakumulasi di liver / hati, sehingga menjadi tidak berbahaya bagi tubuh.

Walaupun seringkali tidak dianggap berbahaya oleh dokter, sering mengkonsumsi Vit.C dalam dosis tinggi dapat mengakibatkan efek yang kurang baik bagi tubuh. Terlalu banyak vitamin C dapat menyebabkan pecahnya sel-sel tubuh, yang dalam kondisi parah dapat mengakibatkan tubuh terasa panas dan rusaknya sel-sel kulit atau pigmen kulit menjadi putih seperti kusta.


Penyakit kolesterol disebabkan oleh ketidakmampuan metabolisme tubuh untuk mencerna makanan berlemak dengan sempurna, sehingga menyisakan sampah-sampah metabolisme. Di dalam percernaan, lemak diuraikan menjadi asam lemak. Seharusnya asam lemak itu bersifat jenuh, memiliki ikatan molekul yang kuat (kolesterol baik), sehingga setelah diserap oleh usus, asam lemak itu akan menyatu dengan lemak tubuh yang lain (akan menambah kegemukan). Tetapi kekurang-sempurnaan pencernaan menyebabkan asam lemak itu tidak terurai dengan baik, sehingga menjadi asam lemak tak jenuh, yang ikatan molekulnya lemah, sehingga tidak kuat menyatu dengan lemak yang lain, akan terlepas dari ikatannya dan hanyut beredar di dalam darah menjadi kolesterol jahat yang menyebabkan darah menjadi kental seperti bubur, memberatkan kerja pompa jantung, dan dapat menyebabkan suplai darah ke otak dan pembuluh-pembuluh darah kecil mengalir lambat atau bahkan tersumbat.

Makanan dan minuman coklat hangat berguna untuk merangsang metabolisme tubuh. Lemak coklat baik untuk membangun energi tubuh, juga berguna untuk memperbaiki ikatan molekul lemak di dalam darah, sehingga lemak di dalam darah tidak menjadi kolesterol jahat, tetapi menjadi kolesterol baik dan akan menyatu dengan lemak tubuh yang lain, tidak beredar di dalam darah. Menurunkan kadar kolesterol jahat juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jus buah mengkudu (buah pace), mengkonsumsi rebusan daun mengkudu atau meminum kapsul mengkudu yang bisa dibeli di apotek atau toko obat.

Perasan buah jeruk yang ditambahkan pada makanan daging dan berlemak, terutama yang berkuah seperti sop dan gulai, dapat membantu penguraian lemak di dalam pencernaan, mengurangi jumlah terjadinya asam lemak tak jenuh / kolesterol jahat. Sebaiknya minumannya juga panas / hangat, jangan dingin / es, untuk mengurangi potensi munculnya kolesterol jahat.


Minuman panas dan teh manis panas berguna untuk memacu metabolisme tubuh, ditandai dengan tubuh terasa hangat dan mengeluarkan keringat panas. Sebaiknya dihindari meminum teh dari bahan teh tubruk ataupun teh celup yang lembab, dan juga tidak meminum minuman teh / kopi yang sudah menginap satu malam atau sudah lebih dari satu hari. Minuman teh dan kopi yang sudah teroksidasi oleh udara malam dapat memberi efek melemahkan / merusak organ-organ dalam tubuh, seperti jantung, liver, ginjal, otak dan pankreas.

Kelenjar pankreas berfungsi menghasilkan getah lambung untuk pencernaan dan menghasilkan hormon insulin untuk mengendalikan kadar gula darah. Meminum minuman manis tidak merusak pankreas dan tidak menyebabkan sakit gula / diabetus / kencing manis. Tetapi banyak memakan permen dan gula-gula kristal lainnya atau terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis (terutama minuman bersoda) dapat membebani kerja pankreas.

Meminum minuman teh / kopi yang sudah teroksidasi udara malam dapat melemahkan pankreas. Pankreas yang sudah lemah / rusak akan melemahkan kemampuannya menghasilkan getah lambung yang berkualitas, sehingga sistem pencernaan menjadi tidak baik. Pankreas yang sudah lemah / rusak juga akan melemahkan kemampuannya menghasilkan hormon insulin, sehingga kadar gula darah menjadi tinggi dan dalam kondisi kerusakan pankreas yang parah dapat menyebabkan sakit diabetus / kencing manis.

Dalam mengobati sakit diabetus / kencing manis, obat-obatan kedokteran dan suntikan insulin hanya ditujukan untuk menurunkan kadar gula darah, tidak untuk menyembuhkan. Sebaiknya diupayakan juga pengobatan alternatif, seperti dengan tenaga dalam / prana, ramuan herbal atau pijat refleksi, yang ditujukan langsung untuk mengembalikan kondisi pankreas supaya kondisinya menjadi baik kembali, sehingga sesudah pankreas dapat berfungsi kembali dengan baik, dapat menghasilkan insulin lagi dengan baik, maka tidak lagi diperlukan obat-obatan dokter untuk menurunkan kadar gula darah.


Mineral garam yang berlebih di dalam tubuh seharusnya akan dikeluarkan bersama keringat (sehingga keringat menjadi asin), atau akan mengendap menjadi kerak-kerak di pembuluh darah. Tetapi bila kondisi ginjal sudah kurang baik, mineral garam akan menerobos "saringan" ginjal dan akan mengendap / mengkristal menjadi batu ginjal atau batu kandung kemih.

Pengobatan sakit ginjal dekat hubungannya dengan buah semangka merah berbiji.
Sakit gagal ginjal bisa dicoba disembuhkan dengan sering meminum jus semangka (daging merahnya), tetapi jus ini tidak dianjurkan untuk yang menderita diabetus / kencing manis.

Sakit batu ginjal atau batu kandung kemih, bisa dicoba diobati dengan jus daging kulit semangka (bagian putihnya). Belilah satu atau beberapa buah semangka merah berbiji. Untuk pengobatan ini semua bagian putih dekat kulitnya dibuat jus. Minumlah dalam jumlah banyak, supaya batunya dapat hancur halus seperti pasir. Jika minum jus-nya sedikit dikhawatirkan batunya tidak akan hancur halus dan akan terasa sakit pada saat keluarnya melalui saluran kencing.
Batu ginjal atau batu kandung kemih juga dapat disembuhkan dengan cara yang sama dengan pengobatan santet, dengan cara memindahkan batunya ke dalam telur ayam, dsb.


Renang, atau berendam di air sebatas leher, mandi sauna dan olah raga ringan yang teratur berguna sekali untuk menyehatkan tubuh dan membantu mengeluarkan gas-gas sisa pembakaran tubuh lewat paru-paru dan membantu mengeluarkan mineral garam berlebih bersama keringat.

Berendam di air sebatas leher juga berguna untuk mengobati sakit asma dan sesak nafas. Saat kita pertama turun ke dalam air untuk berendam di air sebatas leher, kita akan merasakan tekanan air pada tubuh kita. Karenanya untuk sesaat kita akan merasakan sakit di dada dan sulit bernafas. Tetapi beberapa saat kemudian rasa sakit di dada dan sulit bernafas tersebut akan berangsur-angsur hilang dan dada akan terasa lega kembali, karena dada dan paru-paru secara alami akan menggembung melawan tekanan air. Itu adalah mekanisme alami tubuh untuk melawan tekanan air. Bila kegiatan berendam di air sebatas leher ini dapat dilakukan secara rutin, maka aktivitas ini akan menjadi terapi yang baik untuk sakit asma dan sesak nafas, juga baik untuk para perokok, untuk membersihkan paru-paru. Lebih baik lagi jika kita juga menahan nafas dengan berdiam di bawah permukaan air (menyelam).


Tekanan darah rendah bisa berasal dari jantung yang lemah, bisa juga dari pembuluh darah yang terlalu lentur, yang dapat mengakibatkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh menjadi kurang lancar (alirannya lemah). Akibatnya suplai darah, oksigen dan zat-zat makanan ke seluruh organ tubuh menjadi kurang lancar dan dapat menyebabkan kerusakan banyak organ tubuh, kepala berat / pusing / pening, stamina tubuh lemah dan mudah masuk angin, dan metabolismenya menyisakan banyak sampah metabolisme. Tekanan darah yang rendah cenderung memunculkan resiko ada banyak organ tubuh yang akan rusak karena kurang lancarnya suplai darah, oksigen dan zat-zat makanan. Resiko dari tekanan darah rendah akan semakin besar bila di dalam darah juga banyak terkandung lemak kolesterol dan gelembung-gelembung udara. Orang yang tekanan darahnya rendah, bila berobat ke rumah sakit karena mengalami suatu sakit yang berat, dapat saja terjadi bahwa sakitnya itu ternyata sudah komplikasi, sudah banyaknya organ tubuh yang ternyata sudah rusak. Depresi (tekanan batin) juga dapat menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah rendah.

Gangguan kesehatan dari tekanan darah rendah dapat diminimalisir dengan aktif beraktivitas dan rajin berolah raga ringan, hidup bersemangat, dan memanfaatkan penggunaan rempah-rempah dalam makanan. Bubur ketan hitam dapat membantu menyehatkan jantung.


Tekanan darah tinggi biasanya berasal dari pembuluh darah yang mengeras, tidak lentur lagi, bisa disebabkan oleh usia tua atau banyaknya kerak-kerak di pembuluh darah. Banyaknya kerak-kerak di pembuluh darah dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah, jantung dan otak. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan saraf-saraf dan otot tegang, otot dan urat terasa kaku / penat, mudah emosi, mudah sakit maag, kepala pusing / pening. Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang halus, seperti pembuluh darah di dalam otak dan mata. Resiko dari tekanan darah tinggi akan semakin besar bila di dalam darah juga banyak terkandung lemak kolesterol dan gelembung-gelembung udara. Stress dan perwatakan yang emosional mudah marah juga dapat menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi

Gangguan kesehatan dari tekanan darah tinggi dapat diminimalisir dengan cara rutin tetapi  tidak terlalu aktif beraktivitas / berolah raga, apalagi berolah raga berat, dan meminum obat pembersih darah, seperti obat / jamu asam urat dan kolesterol. Lebih baik lagi bila pembuluh darahnya dapat dilenturkan lagi / diremajakan, misalnya dengan pengobatan tenaga dalam murni / tenaga prana.
Sebaiknya juga menjaga supaya perutnya selalu terisi makanan (tetapi jangan berlebihan).


Jus buah dan rebusan daun mengkudu / pace berguna untuk membersihkan darah dari sisa-sisa (sampah) pembakaran tubuh berupa asam urat dan kolesterol.
Untuk tujuan itu buahnya dibuat jus, bukan direbus.
Jus buahnya efeknya lebih kuat, lebih cocok untuk pertama kali pengobatan, cukup 1 butir saja yang matang.
Untuk tujuan pengobatan rutin berkala sebulan atau dua bulan sekali lebih baik meminum rebusan daunnya, supaya efeknya tidak terlalu kuat, supaya tidak berlebihan.
Penggunaan rebusan daun atau jus buah pace / mengkudu ini sebaiknya disesuaikan dengan hasil pemeriksaan medis, jangan sampai efeknya kebanyakan.

Rebusan daun atau jus buah pace / mengkudu ini tidak cukup baik untuk membersihkan kerak-kerak di dalam pembuluh darah, tetapi cukup baik untuk membersihkan darah dari asam urat dan kolesterol, sehingga efeknya akan membantu menormalkan tekanan darah supaya tidak tinggi lagi.
Pada masa sekarang sudah ada dijual kapsul bubuk buah mengkudu. Cukup praktis untuk dikonsumsi. Sebaiknya penggunaannya disesuaikan dengan anjuran pakainya.


Sebaiknya dihindari terlalu sering mengkonsumsi air kelapa dan dagingnya atau es kelapa muda, karena dapat memberikan efek melemahkan metabolisme tubuh. Anjuran ini diutamakan untuk orang-orang yang sudah mengalami sakit asam urat, karena air kelapa itu dapat memperparah rasa sakitnya.
Santan dari air parutan kelapa juga dapat memberikan efek melemahkan metabolisme tubuh, memudahkan munculnya kolesterol jahat.

Kalau ingin meminum es kelapa muda, lebih baik meminum es / air kelapa hijau (kelapa ijo), karena tidak memberikan efek negatif terhadap metabolisme tubuh.

Kelapa hijau juga baik untuk dikonsumsi oleh orang yang terkena penyakit cacar (cacar kering maupun berair). Sebaiknya dikonsumsi cukup banyak, 2 - 3 butir sehari, selama beberapa hari, untuk mendorong keluarnya virus cacar dari tubuh, sehingga sakitnya tidak terus berlanjut dan tidak memunculkan bekas sakitnya (bopeng) yang lebih parah di kulit.


Biji buah pepaya dapat menjadi antibiotik yang ampuh, terutama untuk membunuh kuman tipes dan kuman-kuman lainnya (bakteri dan amuba) di dalam usus. Karena bersifat antibiotik, maka penggunaannya harus dibatasi, maksimal 7 butir saja per hari, dikonsumsi selama 7 hari berturut-turut tidak putus.
Caranya :
Biji-biji pepaya disangan / disangrai / digongseng (digoreng tanpa minyak) sampai kering.
Kemudian dipisahkan menjadi 7 kelompok, masing-masing berisi 7 butir.
Masing-masing kelompok berisi 7 butir dikonsumsi untuk 1 hari, ditumbuk sampai halus menjadi bubuk, kemudian diseduh dengan air panas (seperti minuman kopi). Airnya diminum, ampasnya dibuang.
Dikonsumsi selama 7 hari berturut-turut tanpa putus.
Serbuk biji buah pepaya ini hanya berfungsi sebagai antibiotik yang akan membunuh kuman-kuman tipes. Dalam mengkonsumsinya sebaiknya tetap memakan / meminum suplemen dan makanan lainnya untuk membantu penyembuhan dan supaya tubuh tetap sehat.


Jika anda minum obat, sebaiknya jangan berdekatan waktunya dengan minum susu, minimal jaraknya 2 jam, karena air susu itu dapat menetralkan obat yang anda minum.


Bubur kacang hijau banyak mengandung karbohidrat dan vitamin E alami, sangat berguna membantu mempercepat pertumbuhan sel-sel tubuh yang baru untuk menggantikan sel-sel lama yang sudah rusak / mati. Berguna untuk menjaga kesehatan atau membantu dalam proses penyembuhan sakit penyakit. Bubur kacang hijau juga berguna untuk membuat kulit tubuh dan wajah lebih sehat, bersih, cerah dan bersinar. Berguna juga untuk menyehatkan sperma laki-laki.

Banyak memakan buah-buahan dapat menyehatkan tubuh, karena kandungan vitamin dan zat-zat lain di dalamnya. Tetapi buah-buahan yang sudah dijadikan minuman jus buah, kandungan vitaminnya akan hilang, tetapi berganti menjadi anti-oksidan yang berguna untuk membantu pertahanan tubuh terhadap penyakit.

Jerawat, penyakit ringan tapi memalukan, terutama terjadi pada orang yang kulit wajahnya berminyak. Munculnya jerawat bisa dicoba diminimalisir dengan rajin mencuci muka setiap sebelum tidur (lebih baik menggunakan sabun muka), kemudian di-lap dengan handuk sampai kering. Dilakukan setiap hari sebelum tidur. Lebih baik lagi jika bisa dilakukan setiap hari setelah pulang bepergian dari luar rumah. Sebaiknya setiap hari sebelum tidur jangan menggunakan bahan make-up wajah atau kosmetik pembersih wajah, supaya pori-pori kulit wajah bersih dan bebas bernafas.


Bau mulut, bau badan atau bau keringat dapat diminimalisir dengan meminum rebusan daun sirih hijau yang berfungsi sebagai antiseptik. Sepuluh lembar daun sirih hijau direbus bersama 3 gelas air putih. Rebuslah sampai tersisa 1 atau 2 gelas air. Kemudian minumlah air rebusannya sampai habis. Lakukanlah sebulan atau tiga bulan sekali. Meminum air rebusan daun sirih hijau ini juga berguna untuk meminimalisir sakit keputihan pada wanita. Air rebusan daun sirih hijau juga berguna untuk mengeringkan luka koreng yang basah berair / bernanah dengan cara merendam lukanya atau mengompresnya dengan air rebusan daun sirih itu.

Air rebusan sirih hijau juga berguna untuk mengurangi bau mulut dengan cara berkumur, atau dicampurkan ke dalam seember air untuk bilasan mandi untuk membantu mengurangi bau badan, tetapi efektivitasnya untuk waktu yang lebih panjang dalam menghilangkan bau mulut dan bau badan tidak sebaik jika dilakukan dengan meminum air rebusannya. Air itu juga dapat digunakan untuk membilas kemaluan wanita untuk mengurangi efek sakit keputihan.

Untuk keperluan sehari-hari bau badan / keringat dapat diminimalisir dengan cara mandi menggunakan sabun antiseptik seperti sabun mandi merk Lifebuoy / Nuvo / Dettol berselang-seling dengan penggunaan sabun mandi biasa. Misalnya pagi hari mandi dengan sabun Lifebuoy, sore harinya mandi dengan sabun Lux.
Sabun antiseptik itu berguna untuk mengurangi bau keringat dan penggunaan yang berselang-seling dengan sabun lain bertujuan untuk saling menghilangkan tumpukan sisa-sisa sabun merk lain yang setelah bercampur dengan keringat akan menimbulkan bau tak sedap.

  Karakteristik Sakit-Penyakit


Ada banyak sekali metode dan ragam cara pengobatan yang dilakukan orang. Ada yang mengandalkan obat-obatan medis, ada yang memberikan ramuan herbal, ada yang dengan pijat / urut, totok darah / saraf, pijat refleksi / akupunctur, ada yang dengan tenaga dalam / prana, ada juga yang secara gaib.

Dalam upaya mencari kesembuhan, ataupun memberikan penyembuhan, sebaiknya kita mengetahui apakah jenis sakit / penyakitnya itu berasal dari :
 1. Sakit-penyakit yang penyebabnya dari luar, misalnya karena masuk angin, kuman, bakteri virus, dsb.
 2. Sakit-penyakit yang penyebabnya adalah kerusakan / kelemahan jaringan tubuh / organ.
 3. Sakit-penyakit yang penyebabnya adalah kelainan organ.



 1. Sakit-penyakit yang penyebabnya dari luar.

Sakit-penyakit yang penyebabnya dari luar, misalnya sakit karena masuk angin, kuman, bakteri, virus, dsb, pengobatan secara medis biasanya ditujukan untuk mematikan penyebab-penyebab sakitnya itu (masuk angin, kuman, bakteri, virus) dengan obat-obatan antibiotik ditambah dengan obat-obatan / suplemen / makanan / minuman untuk menunjang pemulihannya. Setelah penyebab sakitnya itu berhasil disingkirkan, biasanya kondisi si sakit akan kembali membaik.

Dengan metode penyembuhan alternatif, kuman, bakteri, virus yang bersifat negatif bisa dibersihkan dengan energi tenaga dalam, meminta bantuan khodam gaib ataupun dengan cara kebatinan / spiritual.
Untuk menangkal masuknya kuman, bakteri, virus bisa dilakukan dengan membuat pagaran gaib positif maupun yang bersifat absolut.



 2. Sakit-penyakit yang penyebabnya adalah kerusakan / kelemahan jaringan tubuh / organ.

Sakit-penyakit yang penyebabnya adalah kelemahan jaringan tubuh / organ, upaya penyembuhannya haruslah ditujukan untuk langsung memberikan efek penguatan atau memperbaiki kondisi organnya dan sel-sel jaringannya yang lemah. Contohnya adalah sakit-penyakit yang timbul karena kelemahan metabolisme tubuh, sakit kencing manis dan sakit kanker / tumor.

Untuk sakit-penyakit yang penyebabnya adalah kelemahan organ, penyembuhan dengan obat-obatan medis hanya akan bersifat sementara saja. Kalau obatnya sudah tidak diminum, nantinya kondisi organnya akan melemah lagi dan sakitnya akan kambuh lagi. Jadi walaupun sudah berobat dan obat-obatnya sudah habis diminum dan dirasakan kondisinya sudak membaik atau terasa sudah sembuh, suatu saat kondisi organnya akan melemah kembali dan sakitnya akan kambuh lagi, sehingga obatnya harus diminum kembali. Termasuk juga pengobatan dengan prana atau pijat refleksi, nantinya kondisi organnya akan melemah kembali.

Dengan demikian harus dimengerti bahwa untuk sakit-penyakit jenis ini pengobatannya harus dilakukan secara rutin berkala, tidak bisa sekali atau dua kali saja, dan biasanya juga pengobatannya tidak akan menyembuhkan secara total permanen, suatu saat kondisi organnya akan melemah kembali dan sakitnya akan kambuh lagi.

Jadi tujuan pengobatannya haruslah untuk memberikan efek penguatan organ. Setelah dirasakan sakitnya sembuh, pengobatan selanjutnya masih harus dilakukan secara berkala, atau obatnya harus secara rutin diminum kembali secara berkala, tujuannya adalah untuk menjaga supaya kondisi organnya selalu dalam kondisi baik.

Jadi bukannya obat atau pengobatannya yang tidak manjur, tapi memang jenis sakit-penyakit ini seringkali tidak bisa disembuhkan secara total, sehingga pengobatannya harus dilakukan secara berkala untuk menjaga supaya kondisi organnya selalu baik. Karena pengobatannya harus dilakukan secara rutin berkala, maka jenis obatnya harus dicermati, jangan sampai terjadi ketergantungan obat dan jangan sampai malah kena efek samping kebanyakan obat.

Contohnya adalah sakit-penyakit yang timbul karena kelemahan metabolisme tubuh. Untuk tujuan penyembuhan jika dilakukan secara alternatif dengan prana / tenaga dalam, khodam atau dengan kekuatan kebatinan / spiritual caranya adalah dengan memberikan energi hangat ke seluruh tubuh dengan sugesti meningkatkan kualitas metabolisme tubuh, untuk memperbaiki kemampuan metabolisme tubuh dalam memproses zat-zat makanan dan supaya dalam proses pembakaran tubuh tidak menyisakan sampah sisa-sisa pembakaran tubuh.

Contoh lainnya adalah sakit perut kembung, sakit maag dan sering mulas buang-buang air. Pengobatan dengan obat-obatan medis biasanya hanya bersifat menormalkan kondisi lambung, tapi tidak menyembuhkan penyebab sakitnya, suatu saat bisa kambuh lagi. Metode pengobatan yang paling baik adalah yang sifatnya menguatkan organ lambung dan usus, sehingga kalau sudah kuat, lambung dan ususnya sendiri yang akan bekerja menormalkan kondisinya sendiri. Pengobatannya harus dilakukan berkala.

Untuk sakit-penyakit di atas, ramuan herbal parutan kunyit dan madu cukup baik untuk digunakan. Ramuan itu juga berguna untuk mengurangi penumpukan lemak di usus. Tetapi penggunaan kunyit untuk wanita sebaiknya dibatasi, karena dapat memberikan efek "kering" dan berpengaruh negatif terhadap kesuburan.
Jamu beras kencur juga cukup baik untuk digunakan (lebih baik dicampur madu). Ramuan itu juga berguna untuk memperbaiki kondisi kerja kelenjar pankreas yang berhubungan dengan asam lambung.
Atau bisa juga terapi memakan beberapa potong tape singkong yang sudah matang raginya setiap pagi sebelum sarapan. Tujuannya adalah untuk membantu memperkuat lambung dan usus. Kalau kondisinya sudah terasa baik, selanjutnya bisa dimakan seminggu atau sebulan sekali.

Walaupun kondisinya kemudian dirasakan sudah membaik, tetap saja pengobatan dengan makanan dan minuman di atas harus dilakukan secara berkala, karena sewaktu-waktu kondisi organnya akan melemah lagi. Kalau tidak bisa setiap minggu, setidaknya sebulan sekali untuk menjaga kondisi organ lambung dan usus supaya selalu baik.

Begitu juga dengan sakit diabetus / kencing manis yang penyebabnya adalah kerusakan / kelemahan kelenjar pankreas dalam menghasilkan hormon insulin.
Dalam mengobati sakit diabetus / kencing manis, obat-obatan kedokteran dan suntikan insulin hanya ditujukan untuk menurunkan kadar gula darah, tidak untuk menyembuhkan.
Sebaiknya diupayakan juga pengobatan alternatif, seperti dengan tenaga dalam / prana, ramuan herbal atau pijat refleksi, untuk mengembalikan kondisi pankreas supaya kondisinya menjadi baik kembali, mengganti sel-sel pankreas yang sudah rusak dengan sel-sel yang baru, sehingga bila kemudian pankreas sudah dapat berfungsi kembali dengan baik, dapat menghasilkan insulin lagi dengan baik, maka tidak lagi diperlukan obat-obatan dokter untuk menurunkan kadar gula darah. Sebaiknya pengobatannya dilakukan secara rutin untuk menjaga supaya kelenjar pankreasnya selalu dalam kondisi baik.
Dengan metode penyembuhan alternatif, misalnya dengan prana / tenaga dalam, dengan bantuan khodam gaib, atau dengan kekuatan kebatinan / spiritual, untuk sakit-penyakit jenis ini cukup anda salurkan energi dari anda (energi yang agak panas) ke sumber sakitnya (kelenjar pankreas) dan konsentrasikan bahwa energi dari anda itu akan tinggal lama di situ, menyatu dengan organ tubuhnya untuk menumbuhkan sel-sel yang baru menggantikan sel-sel organ pankreas yang rusak dan mengkondisikan organ tubuhnya itu supaya menjadi normal kembali. Lakukan seminggu sekali sampai organ tubuhnya sembuh dan sehat kembali. 

Tumor dan kanker bukanlah semata-mata virus atau kuman.
Kebanyakan penyebab awalnya adalah karena adanya energi-energi negatif yang kuat di sekitar manusia yang sampai bisa merubah "kepribadian" sel-sel tubuh seseorang menjadi negatif.

Dengan metode penyembuhan alternatif, misalnya dengan prana / tenaga dalam, dengan bantuan khodam gaib, atau dengan kekuatan kebatinan / spiritual, dalam upaya mengobatinya sikap batin kita berbeda dengan kita membersihkan kuman atau virus, tetapi arahnya adalah membersihkan energi-energi negatif sakitnya dan memberikan energi yang positif yang disugestikan lama berdiam dan menyatu dengan sel-sel tubuh si sakit yang negatif untuk menekan perkembangan sel-sel negatif dan merubah "kepribadian" sel-sel tubuh yang negatif supaya kembali menjadi positif sampai tidak lagi muncul / memunculkan energi-energi yang negatif. Pemberian energi positif ini harus dilakukan berkala sampai sel-sel tubuh yang negatif semuanya kembali menjadi positif. Sesudahnya akan lebih baik lagi kalau kita juga bisa "membunuh" sel-sel yang masih negatif yang tidak bisa diselaraskan menjadi positif supaya tidak mempengaruhi sel-sel lainnya ikut menjadi negatif.

Sesudah atau sebelum upaya pengobatan di atas sebaiknya dicaritahu juga apakah di lingkungan orang si sakit ada tinggal keberadaan gaib-gaib atau energi-energi negatif. Jika ada, sebaiknya gaib-gaib dan energi-energi negatif itu juga dibersihkan, supaya tidak terus-terusan menularkan energi negatifnya kepada si sakit dan orang lain yang tinggal di sekitar situ (lebih baik gaib-gaib dan energi negatif itu dibungkus dengan pagaran gaib dan dibuang jauh).

 3. Sakit-penyakit yang penyebabnya adalah kelainan organ.

Ada banyak sakit-penyakit yang disebabkan oleh kelainan / kerusakan saraf, misalnya sakit akibat stroke, pusing / vertigo dan limbung karena terganggunya saraf keseimbangan, sakit maag kembung dan gangguan nafsu makan, lemah jantung, dsb. Untuk sakit-penyakit jenis ini, selain dilakukan dengan menyalurkan energi untuk kesembuhannya, juga harus dilakukan pemijatan (reflexi) untuk memperbaiki jalur saraf yang "salah" dan untuk mengaktifkan saraf-saraf yang terkait dengan sakitnya dan salurkan energi anda ke titik-titik pemijatan dan sumber sakitnya (energi yang agak panas) dan konsentrasikan bahwa energi anda itu akan tinggal lama di situ, menyatu dengan organ tubuhnya untuk mengkondisikan supaya menjadi normal kembali. Lakukan seminggu sekali sampai organ tubuhnya sembuh dan sehat kembali.

Sakit yang penyebabnya adalah kelainan organ yang lebih berat biasanya lebih sulit untuk disembuhkan dengan jalan pengobatan. Seringkali terpaksa harus dilakukan dengan jalan operasi kedokteran untuk memperbaiki bagian atau jaringan yang mengalami kelainan tersebut, atau menggantinya dengan organ manusia lain (cangkok organ).

ARTKEL TERKAIT



No comments: