Wednesday, April 11, 2012

Alexander III 'The Great' Leluhur Penguasa Kerajaan Sriwijaya

Ada legenda di tanah Melayu, yang menceritakan penguasa Sriwijaya adalah keturunan dari Alexander III 'The Great' of Macedonia (Iskandar Agung). Akan tetapi, apakah cerita ini hanya sebatas Legenda?


Sejarah Sriwijaya versi Ahmad Grozali


Di dalam tulisannya, yang berjudul 'Ringkasan Sedjarah Seriwijaya Pasemah', Ahmad Grozali mengisahkan tentang mendaratnya kapal Putera Mahkota kerajaan Rau (Rao) India, yang bernama Yang Mulia Seri Mapuli Dewa Atung Bungsu, tahun 101 Saka (179 M) di bukit Siguntang.


Kedatangannya bertujuan untuk mencari, Seri Nuruddin, Panglima Angkatan Laut Negeri Rau yang menghilang, setelah berangkat menuju Nusantara tahun 10 Saka (88M). Ringkas cerita, akhirnya Atung Bungsu bertempat tinggal di sekitar tanah basemah.


Atung Bungsu dipercaya merupakan leluhur dari :
Suku Basemah (Pasemah), Empat Lawang, Lahat dan Semende
Dapunta Hyang Srijayanasa, pendiri Kedatuan Sriwijaya.
Dapunta Hyang Syailendra, pendiri Wangsa Syailendra di Pulau Jawa
Parameswara, pendiri Kerajaan Malaka di Malaysia


Rau adalah Kushans


Bila kita membuka lembaran sejarah, pada tahun 80M-200M, di India terdapat Kerajaan yang terkemuka yang bernama Kushans.


Kuat dugaan Kerajaan Kushans indentik dengan Kerajaan Rau, yang menjadi tempat asal Atung Bungsu. Pendapat ini setidaknya didukung dua alasan, yaitu :
Penguasa Kushans memiliki kepercayaan yang sama dengan Penguasa Sriwijaya, yakni penganut agama Buddha Mahayana.


Penguasa Kushans, pada tahun 80M-200M dipimpin oleh keturunan Kaisar Liu Pang (Dinasti Han). Dan apabila kita perhatikan anak cucu Atung Bungsu, yang berada di daerah tanah Basemah (Pasemah), seperti di Pagar Alam, Empat Lawang dan Lahat, memiliki perawakan mirip bangsa cina.




Atung Bungsu Putera Kanishka III


Diperkirakan Seri Nuruddin meninggalkan kerajaan Rau (Kushans) menuju Nusantara, pada masa pemerintahan Kanishka I (75M-105M). Dan Atung Bungsu, Putera Mahkota kerajaan Rau (Kushans), pergi untuk mencari Seri Nuruddin, pada masa pemerintahan ayahnya Kanishka III (175M-200M).


Kanishka III adalah keturunan Wema Kadphises II. Wema Kadphises II adalah putera Kuyula Kadphises I dengan Princess dari Kerajaan Bactria, melalui Princess of Bactria inilah, silsilah keturunan Alexander III 'The Great' berasal.


Silsilah Atung Bungsu sampai Alexander III 'The Great'


Yang Mulia Seri Mapuli Dewa Atung Bungsu putera Kanishka III (King) of the KUSHANS putera Vasudeva I (King) of the KUSHANS putera Huvishka I (King) of the KUSHANS putera Kanishka I of KUSHANASTAN putera Wema (Vima) Kadphises II (King) of the KUSHANAS putera Princess of BACTRIA puteri Calliope of BACTRIA puteri Hippostratus of BACTRIA putera Strato I Epiphanes (King) of BACTRIA (MATHURA) putera Agathokleia BACTRIA puteri Agathokles I (King) of BACTRIA putera Pantaleon of BACTRIA putera Demetrios (Demetrius) I (King) of BACTRIA putera Berenike of BACTRIA puteri Princess of SYRIA puteri Laodice I of SYRIA puteri Aesopia the PERDICCID of MACEDONIA puteri Alexander III 'The Great' (King) of MACEDONIA



ARTKEL TERKAIT



No comments: