Sunday, September 18, 2011

Cara Meningkatkan Kekuatan dan Keampuhan Pedang Samurai

Siapa saja mendengar kata Samurai pasti yang terpikir olehnya adalah kekuatan dari sebuah senjata tajam berupa pedang.

Pedang Samurai merupakan salah satu jenis pedang (senjata tajam) yang sudah popular dan tidak diragukan lagi kekuatannya.

Pedang ini memiliki kemampuan yang jauh lebih tinggi kalau dibandingkan dengan jenis pedang biasa.

Pedang Samurai ini mampu untuk memotong dari bahan yang lunak sampai bahan yang keras sekalipun seperti halnya logam.

Dengan kemampuan yang sangat kuat untuk melakukan pemotongan inilah yang menyebabkan banyak orang untuk tergiur memilikinya.

Maka harga jual dari pedang ini semakin lama semakin tinggi karena sudah terjadi kelangkaan.

Kekuatan pedang samurai ini tidak lain karena mengaplikasikan jenis material yang memang sudah teruji kekuatannya yaitu berasal dari perpaduan antara Baja Carbon Tinggi dan Baja Carbon Rendah.

Dengan adanya Baja Carbon Tinggi menyebabkan pedang samurai akan bersifat keras dan tajam.

Akan tetapi dengan adanya kandungan Baja Carbon Rendah menyebabkan pedang samurai akan bersifat lunak dan ulet.

Maka dari itu cara melakukan perpaduan bahan baku pembuat pedang samurai tersebut harus tepat.

Artinya Baja Carbon yang memiliki sifat keras dan tajam harus ditempatkan di bagian luar pedang, jangan sampai pada bagian luar diberikan material yang memiliki sifat lunak seperti Baja Carbon Rendah.

Selain itu, meskipun dalam kandungan yang sangat sedikit, pedang samurai terdapat unsur Titanium sebagai unsur penambahnya.

Titanium memiliki kekerasan yang cukup tinggi yaitu 970 MPa.

Titanium merupakan salah satu unsur yang memiliki sifat aneh seperti halnya material Zirconium pada keramik.

Karena persediaan Titanium dan Zirconium ini sangat terbatas maka kedua unsur ini berharga relatif cukup mahal.

Meskipun Titanium dalam kandungan pedang samurai hanya sedikit, tetapi sangat besar pengaruhnya terhadap kekuatan pedang tersebut.

Seperti halnya pada unsur yang lain seperti logam, Titanium dapat ditingktkan kekuatannya atau kekerasannya.

Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan pedang samurai yang paling mudah dan murah yaitu dengan memanfaatkan sifat aneh yang dimilikinya.

Keanehan sifat dari Titanium jarang dimiliki oleh material yang lain yaitu dapat terjadi penambahan kekerasan atau kekuatan apabila mengalami benturan dengan benda keras yang lain.

Dengan adanya benturan tersebut maka pada atom-atom penyusun unsur Titanium tersebut akan berdesak-desakan yang menimbulkan tegangan sisa pada material tersebut.

Tegangan sisa (Residual Stress) adalah tegangan yang timbul dari dalam diri material tersebut yang mengakibatkan desakan-desakan antar molekul sehingga terjadi peningkatan kekerasan.

Tegangan sisa inilah sebenarnya yang mengakibatkan bertambahnya kekerasan dan kekuatan pedang samurai.

Akan tetapi peningkatan kekuatan seperti ini adalah bersifat sementara (remanen), artinya apabila unsur penyususn pedang samurai sudah rileks kembali ini artinya tegangan sisa yang tersimpan didalam material pedang samurai sudah hilang.

Dengan hilangnya tegangan sisa tersebut maka kekuatan dan kekerasan dari pedang samurai akan kembali seperti sebelum terjadi peningkatan kekuatan.

Metode peningkatan kekuatan yang lain pada pedang samurai akan dikupas pada posting selanjutnya terutama untuk peningkatan kekuatan yang bersifat permanen (tetap).

Jadi agar dapat mengoptimalkan penggunaan kekuatan pedang samurai, sebelum pedang samurai dipergunakan direkomendasikan untuk dibentur-benturkan pada benda keras seperti batu, logam, dan sebagainya atau diayun-ayunkankan berkali-kali agar dapat memunculkan tegangan sisa.

ARTKEL TERKAIT



No comments: